Sabtu, 23 Juli 2011

Term of Reference ( TOR )

PROPOSAL KEGIATAN
SENVAR 12 (2011) STUDENT COMPETITION
RESEARCH-BASED DESIGN OF
NUSANTARA TROPICAL HOUSE IN URBAN“KAMPONG”



LATAR BELAKANG

Pada dekade terakhir ini, banyak negara terutama di daerah tropis berkembang sangat pesat. Beberapa kota di Asia Tenggara seperti  Jakarta, Kuala Lumpur, Bangkok, Singapura dan Manila menjadi kota megapolitan dengan ciri bangunan yang padat dan tinggi yang secara umum tidak akrab lingkungan. Bangunan-bangunan tersebut terutama mengadopsi konsep desain modern yang menggunakan teknologi tinggi yang bergaya internasional tanpa memperhatikan konteks iklim. Di lain pihak munculnya kampung kota menjadi bagian tak terpisahkan seiring perkembangan bangunan tinggi. Kampung kota merupakan bagian tidak terpisahkan dari komunitas kota berkelanjutan.  Sudah saatnya keberadaannya dihargai dan bukan disisihkan dengan alasan kekumuhan dan aspek negatifnya.  Fokus utama sayembara adalah mengajak generasi muda untuk bersama membangun paradigma baru arsitektur di Indonesia berdasarkan RISET KUANTITATIF. Kasus riset adalah RUMAH TROPIS NUSANTARA DI KAMPUNG KOTAsebagai bagian dari visi tropis masa depan.  Tujuan riset adalah untuk mengeplorasi kearifan Nusantara, menumbuh-kembangkan potensi alam, sosial, budaya dan lingkungan pada lingkungan binaan daerah tropis di lokalitas masing-masing peserta. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Seminar Internasional SENVAR 12di Universitas Brawijaya yang bertemakan Kearifan Nusantara untuk kehidupan yang lebih baik sebagai kesinambungan masa lalu, masa kini dan masa depan.

TUJUAN
·         Menumbuhkan dan mengembangkan kreativitas mahasiswa di bidang arsitektur yang akrab lingkungan berbasis kearifan Nusantara.
·         Menciptakan inovasi baru tentang desain rumah tinggal tropis yang nyaman dan sehat bagi masyarakat di perkotaan padat yang benar-benar dapat diaplikasikan secara nyata.
·         Memberikan konstribusi nyata bagi masyarakat kampung kota  mengenai bangunan rumah tinggal yang sehat dan nyaman daerah tropis
                         
KETENTUAN UMUM  

·         Sayembara mahasiswa desain berbasis riset dengan tema “NUSANTARA TROPICAL HOUSE OF URBAN’S KAMPONG” ini merupakan lomba yang terbuka untuk mahasiswa S1 dari perguruan tinggi negeri maupun swasta se-Indonesia yang terdaftar hingga tanggal 1 Agustus 2011.
·         Gagasan desain adalah karya asli peserta dan belum pernah diperlombakan maupun dipublikasikan. Formulir surat pernyataan dapat diunduh di sini.
·         Karya yang masuk akan menjadi hak milik panitia dan tidak dikembalikan serta panitia tidak bertanggung jawab atas segala tindakan hukum yang muncul dari hasil karya peserta yang dilombakan ataupun sebagai dampak dari keikutsertaan peserta pada lomba ini.
·         Panitia tidak melayani pertanyaan maupun surat menyurat selain mengenai ketentuan pelaksanaan lomba.
·         Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

KETENTUAN KHUSUS TENTANG METODOLOGI RISET (lihat/donlot TOR)
Panitia telah menetapkan peraturan dan tata cara lomba yang disusun dalam Term of Reference (TOR) yang harus dimiliki oleh peserta sebagai panduan.  TOR dapat diunduh di sini. Panitia memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya seputar TOR melalui alamat e-mail sayembara_senvar12@yahoo.com
       
KRITERIA PESERTA
·         Peserta adalah mahasiswa S1 dari perguruan tinggi negeri maupun swasta se-Indonesia yang terdaftar hingga tanggal 1 Agustus 2011.
·         Peserta boleh terdiri dari perorangan atau kelompok (maksimal 3 orang)
·         Satu kelompok peserta boleh terdiri dari mahasiswa dari jurusan yang berbeda tetapi harus dari perguruan tinggi yang sama.

KRITERIA PENDAFTARAN
                        Peserta lomba dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 75.000 ke rekening BANK MANDIRI
a.n ONELLA SABATINI No. 144-00-1058416-4. Peserta mengisi formulir pendaftaran yang dapat didownload di sini yang kemudian dikirimkan kembali kepada panitia melalui alamat e-mail: sayembara_senvar12@yahoo.com dilengkapi dengan file copy digital (scan) Kartu Tanda Mahasiswa peserta yang masih berlaku dalam format *.jpg. Formulir pendaftaran yang disertai copy Kartu Tanda Mahasiswa diterima panitia selambat-lambatnya pada tanggal 31 Agustus 2011 pukul 00.00 WIB

SYARAT DAN KETENTUAN PROPOSAL DESAIN

A.      Latar Belakang Pemilihan Lokasi  (10%)
Proposal desain berupa rumah tinggal boleh bertingkat maksimal 2 lantai. Lokasi lahan adalah bebas dipilih oleh peserta bersifat nyata dengan luas kurang dari 60 m2 dan kelandaian 0%- 45%. Peserta bebas menentukan lokasi, ukuran bangunan dan penghuni (4 - 8 orang) agar sesuai dengan realita di masyarakat

B.      Gambaran Umum Lokasi  (10%)
Proposal desain harus memberi gambaran umum tentang  aspek-aspek penilaian yang sesuai dengan konsep Kearifan Nusantara pada rumah kampung di daerah tropis yaitu:
            a.       Lokasi dalam konteks kota serta kondisi arsitektur lokal
b.      Kondisi rona lingkungan awal dan potensi alam
c.       Kondisi iklim dan sosial budaya masyarakat
      d.      Potensi bahan konstruksi bangunan, harga bahan bangunan dan tingkat ekonomi masyarakat     
C.      Tinjauan Pustaka (20%)
        Proposal desain harus memberi perbandingan kajian pustaka tentang nilai lokalitas, konsep ramah lingkungan, konsep tanggap iklim, serta konsep tekno ekonomi yang akan diangkat dan diterapkan.

D.      Metode Riset  (30%)
Proposal desain harus memberi penjelasan tentang metode desain berbasis riset kuantitatif yang akan digunakan sesuai dengan permasalahahan yang akan dipecahkan dan dengan kondisi nyata di lapangan yang didekati dengan konsep-konsep awal dalam kajian pustaka

E.       Estimasi Biaya Riset (30%)
Peserta diwajibkan membuat estimasi biaya riset sebagai dasar penyusunan desain  berdasarkan daftar kebutuhan riset yang mencakup biaya bahan habis pakai dan diketik ke dalam kertas ukuran A4.  
                         
SYARAT DAN KETENTUAN NOMINATOR DESAIN

A.      Konsep Rancangan
Rancangan berupa rumah tinggal boleh bertingkat maksimal 2 lantai.
Rancangan harus memenuhi aspek-aspek penilaian yang sesuai dengan konsep Kearifan Nusantara pada rumah kampung di daerah tropis yaitu :
         Aspek Kearifan Lokal/Nusantara (20%)
Rumah yang sesuai dengan fitrah lingkungan sekitarnya yang mengambil nilai –nilai dasar berkehidupan positif nusantara serta merekontektualisasi nilai tradional dalam era modern. (nilai dasar yang bersifat kuantitatif yang diambil dari bangunan lokal/tradisional/vernakular)
Aspek Rumah Ramah Lingkungan (30%)
Rumah yang ramah-lingkungan seyogyanya menyediakan suatu ruang bagi kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya dengan maksud agar rumah tersebut sehat dan nyaman secara fisik, psikologis dan sosial serta selaras dengan alam sesuai dengan parameter ramah lingkungan setempat. (analisis kuantitatif local green building index yang disusun sendiri oleh peserta)
 Aspek Tanggap Iklim Tropis (30%)
Dengan terobosan arsitektural dan engineering yang dapat memenuhi beragam kebutuhannya, terutama penerangan dan pendinginan, dengan dampak negatif terhadap lingkungan seminimal mungkin. (analisis kuantitatif pencahayaan, penghawaan yang dapat dilakukan dengan metode numerik/experimen model/simulasi komputer)
Aspek Ekonomi, Teknologi, dan Estetika (20%)
Rumah yang harga konstruksinya terjangkau masyarakat luas, mudah dan layak dilaksanakan khususnya oleh penghuni perkampungan-kota, mengandung inovasi teknologi konstruksi, sekaligus indah karena tepat-guna, dan selaras dengan nilai-nilai sosial-budaya baik pada waktu prosespembangunan, pemanfaatan, maupun perawatan bangunan. (analisis RAB –rab struktur, RAB finishing, RAB tukang, RAB tambahan)

B.      Ketentuan Bangunan dan Lahan
·         Lokasi lahan adalah nyata (bukan fiktif, panitya berhak membatalkan pemenang sekalipun jika di kemudian hari terbukti ada kepalsuan pada data yang dipakai) bebas dipilih oleh peserta bersifat nyata dengan luas kurang dari  60 m2dan kelandaian 0%- 45%.
·         Peserta bebas menentukan lokasi dan ukuran bangunan.
·         Lahan terletak di daerah kampung kota di wilayah Indonesia
·         Rumah boleh bertingkat maksimal 2 lantai.
·         Rumah dihuni oleh 1 keluarga yang terdiri atas 8 orang (keluarga inti dan penambahan keluarganya, misalnya nenek, keponakan, saudara, dst).

C.      Estimasi Biaya Pembuatan Bangunan
Peserta diwajibkan membuat estimasi biaya (cost estimation) pembangunan rumah desain tersebut berdasarkan daftar harga wajar yang berlaku di pasaran lokal dan diketik ke dalam kertas ukuran A4.

TEKNIK PENYAJIAN PROPOSAL DAN NOMINATOR HASIL KARYA

Proposal desain dibuat dengan skesta, foto dan rencana riset dalam format A4 maksimal 5 halaman. Proposal desain meliputi :
POKOK BAHASAN
UKURAN LAYOUT
Pemasalahan umum dan khusus lokasi
1 lembar A4
Gambaran umum studi kasus
1 lembar A4
Tinjauan Pustaka
1 lembar A4
Metode riset untuk desain
1 lembar A4
Rencana anggaran biaya riset (maksimal Rp. 500.000)
1 lembar A4
                         
                        Gambar rancangan meliputi : Gambar yang dibuat menggunakan media digital. Gambar rancangan meliputi :
GAMBAR
SKALA
UKURAN LAYOUT
Konsep tertulis
1 lembar A3
Peta Situasi (tampak atas bangunan & lingkungan sekitar)
1: 100
1 lembar A3
Tampak (semua sisi bangunan & lingkungan sekitar)
1:100
2 lembar A3
Denah Ruang + penjelasan
1:50
1 lembar A3
Potongan Bangunan dan Kawasan + penjelasan
1:50
2 lembar A3
Detail Konstruksi arsitektural + penjelasan
1:20
2 lembar A3
Perspektif Interior (sudut pandang pengguna) +penjelasan
bebas
1 lembar A3
Perspektif Eksterior (bangunan & lingkungan sekitar) + penjelasan
bebas
1 lembar A3
Evaluasi desain kuantitatif
bebas
1 lembar A3

Analisis dengan metode kuantitatif dapat di tambahkan sebagai penjelasan pada setiap gambar. Hasil karya merupakan karya Asli dan belum pernah disertakan ke dalam lomba desain lainnya. Karya yang telah masuk ke panitia menjadi hak milik panitia sepenuhnya. Formulir dapat diunduh di sini


PENYERAHAN HASIL KARYA

·         Seluruh proposal desain dikirimkan melalui email dalam format *.doc
·         Bagi proposal yang lolos seleksi untuk mendapatkan insentif riset maka Gambar dan dokumen nominator rancangan diserahkan dalam format digital dalam satu keping cd/dvd dan hardcopy.
·         Seluruh gambar nominator desain harus diprint-out di kertas dengan jenis dan ukuran yang telah ditentukan.  Tulisan mengenai konsep rumah, aspek yang ditonjolkan / diutamakan pada rumah tersebut dan estimasi biaya bangunan dicetak di kertas A4 maksimal 5 halaman.
·         Gambar print-out dan CD/DVD (hard copy dan soft copy) karya lomba dimasukkan ke dalam amplop disertai Surat Pernyataan Penyerahan Karya Desain yang sudah ditandatangani di atas materai Rp 6.000,00. Formulir Surat pernyataan bisa didownload di sini.
·         Proposal desain dan Hasil karya dikirim ke Sekretariat Panitia Research-based Design Competition “NUSANTARA TROPICAL HOUSE OF URBAN’S KAMPONG” dengan alamat :
o   Laboratorium Desain Permukiman dan Kota
o   Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Brawijaya 
o   Jalan MT Haryono 167, Malang
·      Proposal desain diterima panitia paling lambat tanggal 17 Agustus 2011. Sedangkan hasil karya nominator desain dalam bentuk hardcopy  diterima panitia paling lambat cap pos tanggal 30 Oktober 2011, dan mengirimkan hasil karya design dalam bentuk softcopy ke email sayembara_senvar12@yahoo.com paling lambat tanggal 30 Oktober pukul 00.00 WIB
·         Panitia tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi pada saat pengiriman.

PENJURIAN DAN PRESENTASI NOMINATOR

Pengumuman nominator desain akan diumumkan pada tanggal 1 Oktober 2011.
Juri terdiri dari 5 kelompok masyarakat:
                        1. Arsitek Teoritisi
                        2. Praktisi Kampung (Arsitek, LSM, Tokoh Masyarakat Pembina Kampung, dll)
                        3. Budayawan   
                        4. Praktisi Lingkungan
                        5. Penentu Kebijakan
                         
Penjurian akan menghasilkan 10 nominator dengan nilai tertinggi. Keduapuluh nominator ini akan dihubungi langsung oleh panitia dan akan diumumkan di website. Keduapuluh  nominator akan diberi insentif riset sampai maksimal Rp 500.000 untuk mengirimkan hasil desain berbasis riset paling lambat tanggal 1 November 2011. Insentif akan diberikan setelah panitia menerima laporan penggunaan dana penelitian dan hasil desain. Penjurian terhadap duapuluh nominator akan menghasilkan tiga nominator terbaik sebagai juara.

PENGHARGAAN

Pemenang lomba Design berbasis Riset ini akan mendapatkan hadiah senilai total Rp 10.000.000,00 dengan pembagian sebagai berikut:
Juara I   : Rp 5.000.000,00 + trophy + piagam
Juara II  : Rp 3.000.000,00 + trophy + piagam
                                                Juara III : Rp 2.000.000,00 + trophy + piagam

Bagi nominator proposal desain akan diberikan insentif penelitian sampai Rp. 500.000

Bagi peserta lain yang tidak menjadi pemenang akan mendapatkan sertifikat keikutsertaan lomba yang akan dikirimkan ke alamat perguruan tinggi masing-masing sesuai dengan yang tercantum di formulir pendaftaran, disertai kritik/review juri atas karyanya. Hadiah bagi pemenang lomba diberikan secara langsung atau dikirim via Pos atau Transfer Bank setelah berakhirnya presentasi pemenang lomba.

JADWAL KEGIATAN
Pendaftaran
15 Juli -31 Agustus 2011
Pengumpulan proposal desain
15 - 31 Agustus 2011
Pengumuman nominasi
1 Oktober 2011
Pengumpulan desain berbasis riset
1 November 2011
Penjurian Riset
2-6 November 2011
Pengumuman Pemenang
7 November 2011
Presentasi Pemenang di Senvar 12
11 November 2011


INFORMASI DAN KETERANGAN

(Informasi sewaktu-waktu dapat berubah)

Sekretariat Panitia Research-based Design Competition “NUSANTARA TROPICAL HOUSE OF URBAN’S KAMPONG” :
Laboratorium Desain Permukiman dan Kota
Jurusan Arsitektur
Fakultas Teknik Universitas Brawijaya  
Jalan MT Haryono 167, Malang
Contact Person : Sintania Triwulansari ( 085649801667 )
http://researchbasedesign.blogspot.com
e-mail:  sayembara_senvar12@yahoo.com